Apa itu TOSCO dan TRD?




Mungkin ketika kita mendengar nama TOSCO dan TRD pasti yang ada di benak kita adalah salah satu velg retro dengan ring 13"  plus lebar 8" dan PDC 114. Tapi mudah-mudahan setelah membaca artikel ini kita akan lebih tahu dan mengenal tentang apa itu TOSCO dan TRD. 

Ada baiknya kita flashback dulu ke beberapa puluh tahun ke belakang saat TRD masih belum menjadi Toyota Racing Development.

TRD dikenal sebagai Toyota Sports Corner, atau TOSCO. TOSCO didirikan di Yokohama dan dibangun Toyota's first performance engines untuk Celica dan Corolla, dan memberikan pasar domestik Jepang (JDM) dengan bagian performance, memungkinkan Toyota untuk bersaing dengan rivalnya, Datsun. Namun, untuk menarik pasar lebih luas, di dalam nama pertengahan 1970 TOSCO itu diubah menjadi Toyota Racing Development dan part TRD mulai membuat jalan mereka ke dalam tangan penggemar Toyota di Amerika Serikat. Meskipun tidak sepopuler mobil buatan Amerika, tapi untuk mobil mobil kecil Toyota masih menemukan celah di pasar otomotif Amerika Serikat yang terus berkembang hari ini.

Selama 70-an, 80-an dan banyak dari 90-an, bagian TRD datang langsung dari Jepang. Pada tahun 1995, Toyota TRD USA didirikan di California Selatan. Sedangkan TRD part Jepang masih tersedia di Amerika Serikat, sebagian besar TRD ditemukan di AS berasal dari TRD USA. Dengan membentuk sebuah divisi Toyota Motorsports di AS, TRD telah memungkinkan Toyota untuk memperluas pembangunan balap dan performace yang melampaui Jepang. Salah satu fasilitas TRD di Costa Mesa, CA, difokuskan pada pengembangan mesin balap mobil di sirkuit dan balap nascar di sirkuit Indy. Tustin, CA, di sisi lain, adalah rumah bagi Penjualan TRD dan Khusus Divisi Proyek. Dari TRD fasilitas mengembangkan, memasarkan dan mendistribusikan bagian TRD dan aksesoris untuk pemilik Toyota, Lexus dan Scion sedangkan Divisi Proyek Khusus membangun mesin balap Toyota untuk kendaraan Off-Road, Mobil sport, Toyota Atlantik dan sirkuit NASCAR seri balap DASH. Tidak hanya memiliki kesadaran dibangun kehadiran Toyota di komunitas balap, itu juga menambahkan keunggulan kinerja untuk reputasi Toyota untuk kualitas. (sumber)

Nah bagaimana rekan-rekan? kurang lebihnya seperti itu mengenai sejarah TRD dan TOSCO.


Share this:

CONVERSATION

1 komentar:

  1. kalo ada logo TRD nempel di Honda Jazz, gimana ceritanya ya? hehehe...

    BalasHapus