Ketika Cat Mobil Menjadi Kusam


Jakarta - Tampilan cat kusam pada mobil biasanya terjadi setelah pemakaian bertahun-tahun. Hal ini memaksa Anda untuk mengecat ulang kendaraan agar kembali terlihat cantik.

Namun sebelum anda melakukan hal itu, anda harus mengerti terlebih dahulu proses pengecatan yang baik untuk kendaraan anda. Seperti yang diungkapkan Instruktur Body and Paint Express Auto2000 Ciledug Harry Subagio.


"Saya menyarankan kepada konsumen untuk melakukan pengecatan di bengkel resmi. Namun untuk konsumen yang ingin melakukan pengecatan sendiri, harus terlebih dahulu mengerti perbedaan warna," ujar Harry.

Menurut Harry warna itu dapat dibagi menjadi dua, diantaranya warna Solid dan Metalic. Konsumen harus bisa membedakan warna solit dan warna metalic. Warna solid itu murni satu warna tidak ada partikel-partikel warna lain, seperti warna merah menyala di dalam tubuh Toyota Yaris.

"Sedangkan warna metalic itu, seperti warna silver jadi dasar catnya terdapat partikel warna lain yang membuat berkilau," ujarnya.

Nah untuk itu Harry pun berbagi tentang melakukan cara pengecatan yang baik. Agar mendapatkan hasil cat yang maksimal.

  1. Lakukanlah pengecatan dengan jarak 15-25 cm dari objek yang akan dicat. 
  2. Lakukanlah pengecatan dengan posisi tangan 90 derajat.
  3. Kecepatan saat melangkah atau berpindah dari dari atas kebawah harus setengah dari objek tersebut. Disarankan untuk pengendara tidak berlompat-lompat dalam melakukan pengecatan.
  4. Teknik pencampuran cat dengan tiner harus sesuai, karena bila cat terlalu encer atau kental dapat merusak objek yang akan di cat. Dengan komposisi 1 liter cat maksimal dicampur dengan 1 liter Tiner atau 0,8.
  5. Suhu ruangan pengecatan mencapai 30 derajat. Setelah itu masukkan kedalam oven cat agar hasil panasnya bisa merata. dengan suhu mencapai 70 derajat selama setengah jam.Setelah itu kendaraan dikeluarkan dari dalam oven dan hindaritempat berdebu agar menjadi dingin.
  6. Setelah suhu kendaraan menjadi dingin, poles lah kendaraan tersebut menggunakan amplas dengan tingkat kekasaran 1.500-2.000.
  7. Sentuhlah kendaraan anda menggunakan Kompon waterbase yang tidak mengandung oli dan silicon. Sehingga lingkungan pun menjadi bersih tidak terdapat limbah. 
  8. Untuk lebih mengeluarkan warna setelah pengecatan. Gunakanlah pasta Foam.
  9. Terakhir bersihkan kendaraan anda menggunakan bahan Wax. Akhirnyakendaraan ini dapat beraktivitas kembali.
  10. Hindari kendaraan anda dari sinar langsung matahari di siang hari. 
  11. Berikanlah atap untuk melindungi kendaraan anda di saat malam hari tiba.

Share this:

PESAN

0 komentar:

Posting Komentar