Sedikit tips untuk menghemat BBM


dikutip dari VIVAnews - Kemacetan di kota-kota besar seperti Jakarta menjadi rutinitas yang harus dijalani pengendara kendaraan bermotor. Hal itu tentu membuat pengguna mobil selalu mengeluh lantaran kendaraan menjadi boros bahan bakar.
Namun, hal itu tidak perlu terjadi jika Anda memahami cara berkendara yang baik untuk menghemat bahan bakar. Dan perlu diingat, perilaku berkendara ternyata turut berpengaruh dalam konsumsi BBM itu sendiri.
PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mencoba berbagi informasi mengenai bagaimana pengendara mampu mencapai tingkat efisiensi terbaik dalam penggunaan BBM.

1. Injak pedal gas secara perlahan
Usahakan mencapai kecepatan 0-20 km/ jam dalam waktu 5 detik. Menginjak gas sebaiknya secara perlahan tanpa menyentak gas terlalu dalam.

2. Menjaga kecepatan konstan 
Menjaga kecepatan dalam keadaan konstan selain menunjang safety driving juga menghemat penggunaan BBM.

3. Lepas gas lebih awal 
Melepas gas lebih awal untuk mengurangi kecepatan sebelum berhenti (melakukan engine brake). Engine Brake merupakan salah satu kiat agar penggunaan BBM tidak boros.

4. Mengurangi penggunaan AC 
Sesuaikan pengaturan AC dengan kondisi cuaca di luar, bila perlu matikan AC sekiranya tidak diperlukan, karena hal ini akan memperentan kerja mesin. (umi)

Share this:

PESAN

0 komentar:

Posting Komentar