Persiapan Berlibur dengan Mobil Sendiri




KompasOtomotif - Bagi yang Anda ingin menikmati liburan panjang bersama keluarga menggunakan mobil, arahan Ir. Bintarto Agung dari Indonesia Defensive Driving Center ini sangat membantu persiapan dan mengatasi berbagai situasi dan kondisi. Apalagi, liburan menjelang akhir tahun sering disertai dengan hujan deras. 
1. Siapkan mental dan fisik. Beristirahatlah yang cukup sebelum melakukan perjalanan. Pastikan pikiran saat mengemudi tenang dan tidak tertekan (stres). Sesuai dengan undang-undang lalu lintas dan angkutan jalan RI (UUAJ no. 22 tahun 2009), seorang pengemudi hanya diperbolehkan mengendarai kendaraan 8 jam dalam sehari atau maksimal 12 jam (termasuk istirahat satu jam). Setiap 4 jam harus beristirahat 20 - 30 menit.
2. Periksa kendaraan (pre-trip inspection). Pastikan kendaraan dalam kondisi 'sehat'. Servis ke bengkel untuk perawatan berkala (bila sudah waktunya). Jangan lupa memeriksa kondisi fisik ban. Segera ganti jika telapaknya sudah botak atau alurnya sudah tipis (lihat tanda segitiga di dinding ban). Pastikan, karet pembersih kaca bekerja dengan baik. Begitu juga penyemprot airnya. Bila perlu diganti!
3. Rencanakan perjalanan dengan cermat. Pilih rute atau jalur yang akan dilewati dengan potensi bahaya paling minim. Termasuk juga pemilihan waktu berangkat, istirahat dan mengisi bahan bakar. Usahakan berkendara saat biasa untuk beraktifitas, yaitu pagi sampai sore. Bila cepek, berisirahat.
4. Jangan bawa barang-barang secara berlebihan karena dapat mempengaruhi stabilan kendaraan dan konsumsi bahan bakar. Jangan lupa bawa payung, jas hujan, perkakas standar kendaraan dan P3K.

Share this:

PESAN

0 komentar:

Poskan Komentar