Skema Merubah Sistem Pengapian Platina ke CDI
Selamat sore otomotifnet mohon bantun mekanisme penggantian sistem pengapian platina ke CDI,
1.bagaimana cara pengantian (mekanisme)
2.part apa saja yang saya butuhkan/ part yang direkomedasikan agar kinerja mesin lebih baik dan lebih irit
3.apakah part standar masih bisa digunakan
4.bagaimana cara setinggan setelah menggunaka CDI agar lebih irit dalam penggunaan sehari hari
Dari : sigit
2.part apa saja yang saya butuhkan/ part yang direkomedasikan agar kinerja mesin lebih baik dan lebih irit
3.apakah part standar masih bisa digunakan
4.bagaimana cara setinggan setelah menggunaka CDI agar lebih irit dalam penggunaan sehari hari
Dari : sigit
Jawaban :
Salam Otomotif bung Sigit,
sistem pengapian dengan menggunakan platina merupakan sistem konvensional masih menggunakan mekanisme buka tutup poin kontak, point kontak ini terbuat dari material platina agar tidak cepat aus karena lompatan bunga api efek dari arus balik koil.
Adapun kelemahan sistem pengapian platina :
1. masih menggunakan sistem mekanis (buka tutup), oleh karena itu akan mengalami ketidak presisian pada rpm tinggi
2. Mengharapkan kontak , sehingga permukaan kontak harus bersih ketika ada embun, ada kotoran maka sistem pengapian menjadi tidak sempurna.
3. sitem kontak akan mengalami panas berlebih ketika menggunakan koil Racing (out put voltage lebih besar)
Solusinya adalah dengan cara mengganti sistem pengapian menjadi CDI atau transistorized ignition system.
Sebelum membahas kelebihannya mari kita lihat perkembangan teknologi mobil kebanyakan sudah menggunakan sistem cdi atau transistor, hal ini menunjukkan banyak kelebihan atau efesiensi yang bisa didapatkan dengan menggunakan sistem ini.
Kelebihannya antara lain :
1. menggunakan transistor, kemampuan dan presisi tidak akan berubah meskipun bekerja pada rpm maksimal
2. sensor biasanya menggunakan sistem magnetic field atau medan magnet sehingga tidak berpengaruh terhadap embun pagi, maupun kotoran lainnya sehingga mobil lebih mudah distarter.
3. Sistem transistor , akan dengan mudah mengatur pengapian dengan menggunakan koil racing
4. Maintenance free, artinya tidak dibutuhkan perawatan, tidak dibutuhkan penyetelan karena tidak terjadi keausan seperti pada istem platina.
dan masih banyak keunggulan baik langsung maupun tidak langsungnya.
Untuk Corolla DX, mengganti sistem pengapian dari platina jadi cdi dapat dilakukan dengan 2 cara :
1. Beli delco cdi kijang sehingga tinggal mencabut delco yang lama dan memasang delco kijang cdi.
2. Menggunakan TCI atau TIA pada delco yang lama, yaitu modul pengapian transistorized ignition amplifier yang bekerja seperti cdi , platina bekerja sebagai trigger bagi TIA, modul TIA akan melaksanakan tugas pengapian sehingga tidak terpengaruh atas kotornya permukaan platina, dan permukaan platina tidak aus karena tidak bekerja untuk pemantik pengapian.
Untuk settingan agar mesin lebih efisien ini menyangkut keseluruhan mesin, seperti setelan klep, settingan carburator, management pembuangan (header) dan juga sistem pengapian.
Apabila sudah menggunakan CDI : cara penyetelan sama dengan cara penyetelan Platina, hanya saja untuk cdi sekali setel dapat digunakan untuk jagka panjang.
Demikan langkah yang dapat anda lakukan
Semoga semakin sayang terhadap Corolla DX anda.
sistem pengapian dengan menggunakan platina merupakan sistem konvensional masih menggunakan mekanisme buka tutup poin kontak, point kontak ini terbuat dari material platina agar tidak cepat aus karena lompatan bunga api efek dari arus balik koil.
Adapun kelemahan sistem pengapian platina :
1. masih menggunakan sistem mekanis (buka tutup), oleh karena itu akan mengalami ketidak presisian pada rpm tinggi
2. Mengharapkan kontak , sehingga permukaan kontak harus bersih ketika ada embun, ada kotoran maka sistem pengapian menjadi tidak sempurna.
3. sitem kontak akan mengalami panas berlebih ketika menggunakan koil Racing (out put voltage lebih besar)
Solusinya adalah dengan cara mengganti sistem pengapian menjadi CDI atau transistorized ignition system.
Sebelum membahas kelebihannya mari kita lihat perkembangan teknologi mobil kebanyakan sudah menggunakan sistem cdi atau transistor, hal ini menunjukkan banyak kelebihan atau efesiensi yang bisa didapatkan dengan menggunakan sistem ini.
Kelebihannya antara lain :
1. menggunakan transistor, kemampuan dan presisi tidak akan berubah meskipun bekerja pada rpm maksimal
2. sensor biasanya menggunakan sistem magnetic field atau medan magnet sehingga tidak berpengaruh terhadap embun pagi, maupun kotoran lainnya sehingga mobil lebih mudah distarter.
3. Sistem transistor , akan dengan mudah mengatur pengapian dengan menggunakan koil racing
4. Maintenance free, artinya tidak dibutuhkan perawatan, tidak dibutuhkan penyetelan karena tidak terjadi keausan seperti pada istem platina.
dan masih banyak keunggulan baik langsung maupun tidak langsungnya.
Untuk Corolla DX, mengganti sistem pengapian dari platina jadi cdi dapat dilakukan dengan 2 cara :
1. Beli delco cdi kijang sehingga tinggal mencabut delco yang lama dan memasang delco kijang cdi.
2. Menggunakan TCI atau TIA pada delco yang lama, yaitu modul pengapian transistorized ignition amplifier yang bekerja seperti cdi , platina bekerja sebagai trigger bagi TIA, modul TIA akan melaksanakan tugas pengapian sehingga tidak terpengaruh atas kotornya permukaan platina, dan permukaan platina tidak aus karena tidak bekerja untuk pemantik pengapian.
Untuk settingan agar mesin lebih efisien ini menyangkut keseluruhan mesin, seperti setelan klep, settingan carburator, management pembuangan (header) dan juga sistem pengapian.
Apabila sudah menggunakan CDI : cara penyetelan sama dengan cara penyetelan Platina, hanya saja untuk cdi sekali setel dapat digunakan untuk jagka panjang.
Demikan langkah yang dapat anda lakukan
Semoga semakin sayang terhadap Corolla DX anda.
mantaaab bro...
BalasHapusmantaaab bro...
BalasHapusmantaaab bro...
BalasHapusCDI itu capacitif discharge ignition, menggunakan kapasitor yang dikosongkan. Klo transistor ignition, ya pake transistor untuk switching di coil. Jadi CDI itu tidak sama sama dengan delco. CDI adanya di sepeda motor kebanyakan. Klo mobil mau CDI pake module MSD.
BalasHapusshare aja kijang super http://sugiarto.webmuapp.com/eksperimen_distributorless_pada_kijang_super_5K
BalasHapusgan kalo colt t cocok nya pake delco cdi punya e mobil apa mohon cerahane
BalasHapusGan klu datsun 160j cocok ny di ganti pakai cdi ny mobil ap ya..thx u
BalasHapusMau tanya gan, kalo beli delco cdi kijang kabelnya ada dua hutam dan merah, itu di sambungkan kemana aja
BalasHapusmerah ke + dari on kontak, atau bisa ke + koil
Hapushitam ke - koil
mau tanya om,, kl pengapian dengan cdi dan tci itu kan beda,,,semisal dr tci ganti cdi apakah harus ganti coil? so cdi kan outputnya 200-300 volt
BalasHapusYa ganti juga lah coil nya pake yg racing
BalasHapusMaz boz kalau setrum ikan platina di ganti pake cdi bisa gak.
BalasHapusMas bro kijang lx thn2002 platina mau ganti cdi haru ganti koil nya juga ya mas
BalasHapusDelco CDI yang cocok untuk si dixie pakai milik kijang yang berapa K
BalasHapusKabel kapasitor delko CDI kijang 5k kan ada dua hitam orens,itu disambung keman..mksi
BalasHapusNew PaluGada Motors adalah Bengkel Mobil umum yang terletak di Kawasan Sleman Jogjakarta.
BalasHapusDengan memilki tenaga ahli dalam divisi – divisi khusus untuk perbaikan dan perawatan mobil anda.
“New PaluGada Motors”
Bengkel & Toko Aki Mobil.
Jl.Magelang km 11,8 Durenan Beteng 03/12 Tridadi Sleman Yogyakarta.
Hp. 085'1O1'667'650 – WA 089’671’979’799.
Google maps “Bengkel Mobil Palugada Sleman”.
Disisi lain ada pula tenaga ahli kami untuk perawatan spesialis Engine & Understell Mobil seperti :
Tune – UP Mesin & Over Houl.
Kaki Kaki Mobil.
Sistem Rem Cakram / Tromol.
Sistem Kopling Manual.
Electrical sistem.
Lampu lampu dan perkabelan.
Ganti oli dan filter.
Jual beli / tukar tambah aki / accu mobil.
Kalau Corolla DX kalau mau ganti Platina dengan CDI yang cocok pakai apa ya Gan...??? mohon pencerahan
BalasHapusKalau corolla Gl th 84 apa bisa dirubah ke CDI Gan...??? Trus pake berapa K bila 7K cocok engga Ya....???
BalasHapus