Ternyata Ganti Baterai "Remote" Mobil Mudah


Jakarta, KompasOtomotif - Ketika membuka kunci pintu mobil mengandalkan Remote, suka tidak berfungsi. Jangan panik! Biasanya kondisi tersebut timbul akibat baterai pada remotesudah soak dan harus diganti. "Bawa saja ke toko jam, minta ganti baterai di sana," saran Salim, Kepala Bengkel Garden Speed di kawasan Cilandak.
Setelah melihat langsung proses penggantian baterai ternyata tidak sulit. Berikut langkah-langkah yang diperlihatkan salah satu karyawan toko jam, Surya, di kawasan Fatmawati.
1. Biasanya ada dua model untuk membukanya. Satu diikat dengan sekrup dan satunya lagi model congkel dengan obeng "min" kecil.
2. Setelah terbuka, lepaskan baterai dari tempatnya. Lakukan dengan perlahan jangan sampai panel bagian switch atau pegangan baterai terlepas. Hapalkan posisi kutubnya, kalau lupa biasanya di sisi sebelahnya terdapat keterangan gambar.
3. Ganti baterai sesuai dengan ukuran dan spesifikasi yang dipakai sebelumnya. Harga berkisar antara Rp 50.000 - 125.000 tergantung merek.
4. Masukkan baterai ke posisi semula sesuai dengan posisi kutub. Setelah itu tutup kembali kedua sisi remote yang dibuka.
5. Untuk yang tidak memakai sekrup pastikan terdengar bunyi "klik" dan semua sisinya tertutup rapat. Jika menggunakan sekrup, tutup dahulu dan pastikan semua sisi rapat baru dikencangkan.
Jangan panik jika setelah ganti baterai alarm masih tidak berfungsi. "Biasanya didiamkan dulu kira-kira setengah jam baru bisa aktif," kata wiraniaga toko jam.

Share this:

PESAN

0 komentar:

Poskan Komentar