Gathering Nasional V, Jember 30 Mei 2015

Gathering Nasional Indonesia Corolla DX Community, sebuah hajatan besar tingkat nasional yang diselenggarkan setiap tahun sekali telah sukses digelar di Kota Jember pada tanggal 30 Mei 2015 tepatnya di Gedung Serba Guna Komplek GOR Kaliwates. Segenap Pengurus dan anggota chapter yang datang dari penjuru daerah khususnya pulau Sumatra Jawa dan Bali serta satu perwakilan dari Young Celebes yaitu Makassar, memberikan apresiasi terhadap Jember Corolla DX Community yang telah bekerja keras siang dan malam mempersiapkan segala sesuatunya dengan luar biasa sehingga acara demi acara dapat berlangsung dengan meriah. Acara dibuka dengan penampilan cewek-cewek cantik khas jember yang berlenggak-lenggok menari balo-balo, sebuah tarian asli Jember dengan diiringi semangat pemuda-pemuda Jember yang memukul semacam bedug kecil yang kemudian dikenal dengan kesenian musik Patrol dan yang paling menghebohkan yaitu dengan ditampilkannya tiga talent dari Jember Fashion Carnival (JFC) yang mengenakan kostum menakjubkan yang sanggup membuat penonton merinding sehingga pada saat siberi kesempatan foto bersama, para penonton langsung merangsek kedepan agar bisa berfoto dengan ketiga talent JFC.  Tak lupa juga disampaikan terima kasih kepada Bapak Sekda Kabupaten Jember beserta jajarannya yang telah berkenan menghadiri acara, menyambut kami dengan hangat dengan suguhan khas jember yaitu kedelai EDAMAME, he..he.. nama yang bagus. Kami juga minta maaf kepada segenap lapisan masyarakat kota jember yang barangkali terganggu dengan kedatangan kami.

Gathering Nasional Indonesia Corolla DX Community kali ini dibanjiri sekitar 280 unit Mobil Corolla DX tahun 1980 sampai dengan 1983 dan lebih banyak lagi peserta gathnas karena setiap Unit diisi 2 atau bahkan lebih personil. Namun ada juga peserta yang hadir dengan menggunakan kendaraan umum mengingat jarak dan waktu yang tidak memungkinkan untuk datang dengan mengendarai Corolla DX seperti peserta dari Sumatera Barat dan Makassar. Peserta terbanyak dari Chapter Solo Raya yaitu sejumlah 23 unit. Dihadiri juga 16 unit dari Chapter Bali yang rela menyeberang ke Pulau Jawa demi bisa berkumpul bersilaturahmi, sebaliknya tidak sedikit pula rombongan dari jawa yang kemudian melanjutkan touringnya ke Pulau Dewata karena memang hanya butuh waktu beberapa jam dari Jember menuju Penyeberangan.

Tak hanya sekedar kumpul-kumpul, dalam kegiatan ini juga diadakan Kontes dengan beberapa kategori yaitu : Kelas ORI dimenangkan oleh Unit milik sdr Helmy dari Magelang, kemudian Rachmad dari Tangerang disusul Yudi dari Jember Corolla DX Community. Sedangkan untuk kelas Sport juara I dipegang unit milik sdr iyan dari DX Bandung, Gebby dari MCC Malang kemudian DX Om Romel dari DX Bogor menempati urutan ketiga. Untuk kelas Custom, juara I direbut oleh sdr Evan dari Retro Car Semarang yang menampilkan Corolla DX Tahun 81, disusul Mr Bro dari Tuan Rumah Jember dan di posisi ketiga ditempati unit milik sdr Yanuar dari Corolla DX Jogjakarta. Sedangkan DX Sidoarjo menjadi pemikat pemirsa dengan memperoleh predikat "Pilihan Peserta", Corolla Owner (Coroner) Bali mendapat julukan "Paling Unik" dan Retro Car Semarang (RCS) memperoleh predikat "Display Terbaik".

Selain Kontes mobil antik tersebut diatas juga digelar kontes adu ketangkasan dalam mengendalikan si Dixy yaitu kejuaraan Slalom yang dibagi menjadi 2 Session. Session pertama dimenangkan oleh sdr Saeful dari DX Bandung dengan perolehan waktu 31.25 detik disusul sdr Deddy dari DX Tegal dengan waktu 35.60 detik dan sdr Sigit dari Jogja menempati urutan ketiga dengan waktu 41.69 detik. Sedangkan session kedua berturut-turut dipegang oleh sdr Deddy dari Tegal dengan waktu 30.22 detik disusul Yudi dari Jogja dengan waktu 36.90 detik dan Ova dari Jogja dengan perolehan waktu 37.91 detik.

Sementara diluar sedang digemparkan oleh deru mesin dan gesekan roda dengan aspal yang membakar semangat para peslalom untuk ujuk kebolehan, para pengurus chapter dari berbagai daerah yang hadir menyelenggarakan "SARASEHAN", yaitu sebuah tradisi dalam gathnas semacam musyawarah kekeluargaan yang membahas kematangan Indonesia Corolla DX Comunity (ICDXC) ke depan, termasuk membahas tempat penyelenggaraan Gathering Nasional berikutnya, tempat diselenggarakannya Munas Tahun depan dan membahas hal-hal lain yang berkaitan dengan ICDXC. Beberapa hal pokok yang dihasilkan dari Sarasehan tersebut antara lain :

  1. Gathnas ICDXC VI akan diselenggarakan di Sumatra Barat kemungkinan di daerah Bukit Tinggi,     mengingat Indonesia Raya terbentang dari Sabang sampai Merauke sedangkan Gathering Nasional ke I sampai V selalu diselenggarakan di Pulau Jawa. Sehingga sebagai wujud kebersamaan dengan melepaskan ego sektoral masing2 chapter, gathnas VI diselenggarakan di Pulau Sumatera tidak menutup kemungkinan suatu saat nanti akan diselenggarakan di Kalimantan, Sulawesi ataupun pulau2 lainnya dengan catatan tuan rumah memenuhi persyaratan penyelenggaran event dalam tingkat nasional seperti akses transportasi dan keamanan, juga perlu diperhatikan jumlah anggota lokal daerah tersebut jangan sampai event nasional hanya dihadiri sedikit peserta.
  2. Munas IV rencananya akan diselenggarakan di Bogor, waktu dan tempat menyusul.
  3. pada sarasehan tersebut juga telah resmi diputuskan bahwa setiap kali diucapkan salam ICDXC dijawab dengan Gass Poolllll... !!!!!!
  4. diperoleh lagu tentang Corolla DX yang diciptakan oleh Alm Bpk Jen Suprapto dari Situbondocorolla DXcommunity, dengan lirik sbb:
          DX Corolla DX 
          mobilnya asyik bandel mesinnya
          DX Corolla DX 
          ramai-ramai suka-suka dengan Corolla

         Ref :  Saat kumpul barang, ngobrol acaranya
                  Sambil minum kopi, pisang goreng camilannya
                  Siapa mau gabung, silahkan saja
                  Jadi anggota DX, pasti senang hatinya
        Ada wacana lagu ciptaan beliau akan dijadikan Mars ICDXC, mungkin apabila dari teman2 ICDXC ada yang mau sedikit menambah/merubah liriknya, kami tampung masukannya untuk dibahas bersama di Munas IV Bogor.


Berikut beberapa hasil jepretan amatiran dari teman2....



Pengurus ICDXC disambut Sekretaris Daerah Kabupaten Jember Bpk Sugiarto. 
(dari kirim ke kanan : Sdr Herlan Hidayat-Ketua Umum Jember Corolla DX Community, Kang Atieq Zaenal Mutaqien-Ketua Umum Indonesia Corolla DX Community, Bpk Sugiarto, Tantosut-Sekretaris ICDXC, Mbak Yenny Wasono-Bendahara Umum ICDXC, dan paling kanan Sdr Agus Hernoko-Sekretaris II ICDXC.)



Sebagian Panitia Gathnas V ICDXC yang merupakan teman-teman dari Jember Corolla DX Community menyempatkan diri untuk berpose menghilangkan stress bersama-sama, siapa tahu bisa jadi orang terkenal  :-)

Sedang melihat-lihat Display Unit Corolla DX yang dikonteskan


Bapak Sugiarto menawarkan diri untuk menjadi matador dalam Show Off Slalom


Suasana semakin memanas saat muncul adegan-adegan yang membakar para peslalom maupun penonton yang hadir di arena Fun Slalom


Namun ada juga peserta yang tidak kuat menahan panas, sehingga lebih memilih bersembunyi di balik pilar.



Sementara di dalam ruangan, terjadi sebuah sarasehan yang hangat dan penuh kekeluargaan



Tukaran... alias Tukar menukar cindera mata berupa vandel atau Plakat dari Masing-masing Komunitas


Kalau ini .... hmmmm jangan iri ya, pokoknya jangan iri... :-)



Salah satu peserta paling bersemangat, dengan mengendarai Corolla DX 25 jam Nonstop dari Tegal 


Sekilas suasana diluar ruangan


namun ada yang ketinggalan karena terjebak kemacetan, sehingga terpaksa menginap dan tidur di Bandung alias Ban Ngglundung.... ikut prihatin ya kawan. Tapi tetap Semangat....!!!!!



(mohon maaf foto lainnya menyusul ya...... :-)

Share this:

PESAN

0 komentar:

Posting Komentar